Friday, February 21, 2014

Solo Trip Day 2 - I Love Shopping :))

cuaca selama saya di korea bersahabatnya pake' banget, ga ujan sama sekali, tapi dinginnya emang nusuk banget sih. hari ke 2 bangun tidur jam 8 pagi tapi matahari baru ngintip2. ke pantry belum ada tanda2 udah ada yang bangun. abis mandi siap2 trus sarapan bikin roti sama bikin pop mie bawa dari indo, heheheh.. hari ini lebih ekstra persiapan dari dalem ruangan udah pake' komplit, pake' syalnya juga lebih di tinggiin, masker udah siap di kantong coat, sarung tangan juga langsung pake' plus hotpack yang udah di genggem, baru keluar guesthouse skitar jam 10.30, hihihihihi...

keluar jam segitu aja jalanan masih sepi lho. i love korea so much, deeply in love. suasananya enak banget, tenang, kalo' rame pun juga rame2 yang rusuh atau nyeremin. hari ke dua tujuan pertama ke Namdaemun market, dari Hongik turun di Namdaemun tapi transfer di Seoul Station, di station yang segede gitu ga heran deh kalo' nyasar, hehehhe.. tpai lagi2 petunjuk2nya jelas banget kok. sampe' di Namdaemun market eumm semacam chatucak gitu kalo' di bankok, mau cari apa aja ada, terutama yang khas korea. tadinya mau cari2 souvenir gitu titipan temen, tapi emang kalo' buat sesuatu yang khas korea saya nyerah deh, mahal beb. buat saya etude udah cukup khas korea, hahahah.. di situ saya ga lama, dingin banget juga. tadinya mau lanjut ke Namsan tower tapi bayangin harus nanjak kok males ya, padahal saya pengen foto di gembok. waktu pertama ke sana fotonya bureeeemmm...

ya udah deh langsung ke Myeongdong aja, padahal baru jam 2an itu. kali ini turunnya di Myeongdong Station bukan di Euljiro 1, cobain jalan lain. sampe' di Myeongdong kembali menggila, hahhahahah.. maish kurang ajaaa yang kemaren di beli. lagi2 keluar masuk toko kosmetik, malah kali ini lebih parah pake' intip2 ke Forever21, H&M lagi, Zara pula, Spao, dan kawan2nya. saya mana rela kalo' ada kaos basic H&M harga KRW1000 ga dibeli, belom lagi cardigan F21 manggil2, eh kaosnya jugaaaaa... beliin valsky juga sepatu, celana, cardigan, saya kan ga egois ya bok jalan2 tetep beliin buat suami, heheheheh... eeeeaaa berat ternyata bawaannyaaaa. dan ternyata hari ke dua ini saya lapar, masih kepengen banget makan Chir Chir Fusion Chicken. begitu nemu tempatnya buka menu eh kok ga ada menu single, jadinya harus pesen yang sekeranjang gede, mahal sih kalo' di makan sendiri. karna itu ayamnya di oven jadi harus nunggu skitar 20 menit, gpp deh skalian nganget sama lurusin kaki, side dishnya juga enak bisa minta bolak2 sambil nunggu ayamnya mateng.


betenya pulsa bb saya tiba2 habis, jadi ga bisa perpanjang paketnya, krik krik sih soalnya di Chir Chir ga ada wifi. heemmm bakal sampe' malem nih ga bisa ngabarin valsky, baru bisa ngabarin di guesthouse pake' wifi. ya udin maen candy crush aja deh sama selca dikit boleh dong yaaa.. :))


bdw asli itu ayam banyak bangeeeettt, mana ada kentang juga. saya juga pesen rice ball yang ternyata isinya 2 gede2. saya cuma makan nasinya 1 sama 3 potong ayam sama cemil2 kentang, sisanya bawa pulaaaang. agak PR sih ternyata bungkusnya geday dan agak repot bawanya. belanjaan mulai berat, mulai sore, tambah dingin, trus gerimis salju, saya ngadahin tangan sambil liat ke atas dan saya lagi di korea sendirian sekarang, alhamdulillah bisa balik lagi ke sana.. :)


nah karna belanjaan yang berat akhirnya mampir daiso beli tas ransel, nyerah saya nyeraaaahhh... lagian gimana bawanya besok pulang pasti koper ga cukup. mulai gelap masih juga kalap, tapi ga mau kemaleman ah balik ke guesthouse soalnya harus packing besok udah pulang, huhuhuhuhu... jam 7an saya udah jalan ke subway, belom lagi transfer di Seoul Station yang gede banget. sampe' di guesthouse cuma cuci muka aja, makan Chir Chir lagi, trus packing.


beraaaaaatttt... jadi sesek banget kopernya, sempet galau ini koper masuk bagasi apa cabin ya, takut kena imigrasi belanjaannya, boleh ga sih bawa belanjaan banyak gitu dari luar ??? setelah dipikir2 masuk bagasi aja deh, berat juga kaya'nya lebih dari 7kg. belanjaan kosmetik saya lipet2 di dalem baju, yang pasti ransel unyu2 beli di daiso bermanfaat banget, tas kecil selempang saya masukin koper, saya bawa tas ransel, udah kaya' anak SMP banget pokoknya... :)) yah besok pulang, sedih.. :( masih pengen jalan2, tapi ya kok dingin. bayangin aja selama saya di korea suhunya paling sering -9°C, paling anget di -4°C. lagian saya juga udah kangen valskyyyyyy... :D jam 11 udah siap tidur, malem ini ga sedingin kemaren. good night seoul.. :)

pengeluaran hari ini tanpa belanjaan :
Hongik Station - Namdaemun Market : KRW2300
Namdaemun Market - Myeongdong : KRW1150
Chir Chir Fusion Chicken + Rice Ball : KRW19000
ransel Daiso : KRW5000
Myeongdong - Hongik : KRW2300
hotpack 1 pcs : KRW1000

xoxo,

Solo Trip Day 1 - Hello Again Seoul

*bikin postingan ini sambil dengerin Coffee Shop by B.A.P, sedeeeeeppp...

annyeonghaseyoooo agaiiiiinnn seoooouuuulll... :D
seneng banget ya deg2an juga waktu misah sama valsky di ngurah rai airport, aaaakkk pertama kalinya ini keluar negeri sendirian, ke negara yang jauhnya 7 jam dari jakarta, hihihihihi... di mulai dari ngurah rai airport bali ya, saya flight jam 21.00 WITA  ke jakarta, selain tiket saya yang udah ga bisa di reroute juga sih soalnya ada rute KUL di depannya, kelamaan juga kalo' brangkat ke incheon lewat DPS, flightnya jam 00.30 bok siapa juga mau nungguin sampe' jam segitu kan, mending ke jakarta aja dapet makan malem di pesawat, hahahhahaha... :)))

landing jakarta jam 21.30 WIB langsung capcus ke imigrasi, sengaja ga pake' masukin koper ke bagasi biar ga ribet, masuk cabin juga cukup. abis antri imigrasi trus ke boarding gate hawa2nya udah korea nih secara yang ada beberapa orang korea juga yang pulang kampung ke negaranya. jam 23.30 saya berangkat ke incheon, sendirian di pesawat dengan waktu tempuh 6 jam 45 menit. duduk di emergency seat sebelahan sama mas2 imigrasi on board, yaelaaahh biasa perjalanan jauh sama valsky di seat sebelah untung ga nyenderin kepala ke mas2 imigrasi kan. begitu take off posisi pesawat udah stabil eh si mas imigrasinya pindah ke belakang, alhamdulillaaahhh saya jadinya duduk sendirian.

pasang headset, dengerin lagu2 korea sampe' ketiduran. kriyep2 dikasi cemilan sama mba2 mugari, tidur lagi, snack lagi, tidur lagi, bangun2 udah subuh kita sarapan. tenggorokan saya masih sakit banget tuh, tapi harus di isi makanan buat minum obat. beberapa orang sebelum landing gedabrukan ke lavatory pada pake' boot, pake' jaket dan mungkin pake' perlengkapan winter lainnya tapi saya udah nyantai soalnya udah saya pake' dari di DPS.

welcome to incheon international airport, keluar pesawat maaakkk beeeeeerrrrrr... dingiiiiiiiiinnn !! saya ngerasa ini lebih dingin dari pertama ke korea, ya iya aja di umumin sebelum landing kalo' suhu di darat -8°C !! ajegile maliiiihhh kompor mana kompoooorrr ??? beberapa orang pada ribut aja kedinginan, pada ribet pake' coat, saya ?? sombong dikit dong karna ini second time saya ke korea jadi ga kaget2 banget kalo' keluar pesawat dingin dan masih tetep pake' sweater. begitu udah di arrival baru deh saya buka koper pake' coat, siapin earmuff, sarung tangan,  subway map, dan mari kita mulai berpetualang !! :D


sign2 petunjuk di korea itu amat sangat mudah dipahami dan beneran mempermudah kita banget, apalagi yang solo trip macem saya gini. saya mulai cari petunjuk ke subway, di palangnya train, ya udah ikutin aja terus itu tulisan train sampe' mentok. kalo' sama valsky kadang suka otot2an liat line subway, tapi karna ini sendirian jadi ya kalo' ngotot trus salah paling cuma nyengir doang, hihihihi. pilihan ke tengah dari incheon bisa pake' bus limousine ratenya KRW10000, ga rela ya ceu' baru juga landing udah ngeluarin duit segitu, hahahhaha.. lagian sebelum berangkat saya sempet browsing bisa pake' train kok cuma KRW4150 aja turun di Hongik University Station, lagian ada subway jugakan tuh di airport. beli tiket train juga gampang banget, pilih aja bahasa inggris trus ikutin maunya itu mesin kaya' ATM. komplitnya silahkan buka web cyber subway di sini.

saya juga ga takut2 banget sama sistem transportasi khususnya subway di korea karna yang ke korea pertama kali sempet beberapa kali juga kemana mana pake' train. dari Incheon Airport ke Hongik sekali jalan, ga transfer mana2, perjalanan skitar 40 menit. saya nginep di daerah Hongik, nama guesthousenya Housetay, murce cuma KRW27000 buat 2 malem. sampe' di Hongik station buat ke guesthouse lewat exit 7. cuma jalan skitar 5 menit udah sampe' deh. keluar station dingiiiiinnn banget, tujuan pertama langsung ke CU beli hotpack, gosok2 masukin ke sarung tangan. sampe' di guesthouse langsung di nyalain heater sama mereka, kebetulan kamar saya juga udah siap, saya ambil yang 6 orang female sekamar. abis taruh koper nambahin pake' 1 kaos tebel lengan panjang, nambah pake' kaos kaki sama nambah pake' stocking, ga pake' mandi langsung jalan2.

saya cuma bawa tas selempang kecil aja, jalan kaki ke station sambil pasang headset, senyum2 sendiri "gile gue lagi di korea lagi nih, tapi kali ini sendirian, hihihihi seru !!". tujuannya waktu itu mau ke Gyeongbokgung Palace, dari Hongik subway ke Gwanghwamun Station soalnya saya mau liat King Sejong Statue dulu, waktu ke korea pertama kali belom sempet foto di sana sendirian, hehehehhe.. begitu keluar station waaaa emang megah banget tempat statuenya King Sejong, korea banget deh.  kerennya korea ini di antara gedung2nya yang tinggi megah masih banyak tradisionalnya juga. ya kaya' istana ini, di depannya gedung2 tinggi, di blakangnya gunung coba. bdw karna pergi sendirian jadinya minta tolong orang fotoin sambil berdoa semoga hasil fotonya bagus, hihihihi namapun minta tolong yaaa.


abis foto jalan ke Gyeongbokgung Palace, beli tiket harganya KRW3000. aaahh inget waktu pertama kali ke sana ujan becek ga ada ojek cin, udah bingung aja payungan, belom lagi anginnya kenceng. tapi kali ini ceraaaahhh biarpun dinginnya ampun deh. jalan2 sendirian di dalem, foto2 sendirian juga tapi jadinya malah mukanya gede banget dari pada view istananya, hahhahaha.. sempet minta tolong orang juga fotoin, yang pasti udah berhasil foto di depan istana aja udah seneng. selama di korea saya tuh bingung mau minta tolong orang fotoin, soalnya tiap saya ngomong suara saya tuh kaya' bencong, ngebass serak2 ancur deh gara2 sakit tenggorokan, hiks yang ada orang ngeri gitu ngeliatnya, huhuhuh... ya udah lah tujuannya kan emang belanja jadi ya jangan ngarep juga punya foto banyak.. *elus2dada,dadaayam*



Gyeongbokgung palace ini emang guedeeee banget !! belom sampe' selesai ngelilingin semua aja saya udah capek, trus dingin banget kan bikin pada kaku semua. beneran deh yang bikin dingin tuh anginnya ga nyantai banget, padahal mataharinya cerah banget lho sampe' silau. di sini yang paling saya cari danaunya, yang ada di drama2 korea tuuuhh. ih jadi inget yoo ah in di jang ok jung, mana nih rajanya di cari2 kok ada siiiihhh... hahahahahha... pas di danau cuma ada 1 cowok sama anak kecil lagi nangis, mau minta tolong foto ?? males duluan deh soalnya cowok itu juga bingung anak kecilnya nangis, jadi yaaa foto sendiri aja yuk.




naaahh pas saya mau keluar istana pas banget tuh Guard Changing Ceremony, horeeeee penasaran banget pengen liaaattt. diumumin kaya' mau fireworksnya disney gitu. ceremony pertama ada di samping deket penjualan tiket, itu kaya'nya yang upacara cuma petugas2 yang mau ngegantiin, soalnya jumlahnya ga banyak. betenya adalaaaahhh 2 hp saya lowbat semua !! gimana fotonyaaaa.. makpet semsong mati duluan, akhirnya foto pake' bb deh, untungnya sempet minta tolong orang fotoin, dan kemudian disusul bb saya mati juga, wassalam..


abis upacara itu ada upacara intinya di hall depan istana. ini lebih rame soalnya semua petugas yang di yang udah selesai jaga sama yang mau gantian jaga upacara bareng, aaahhh mana hp udah tamat semua, powerbank juga mati, pret banget deh. jadinya saya nonton dengan manis, traisional banget, suka sukaaaa... :D bdw makin lama suhu makin dingin, mendadak galau ini mau lanjut nonton sampe' selesai atau segera capcus ke Bukchon aja cari coffee shop, sumprit dingin banget, ingus udah meles ga keruan, kepala udah sakit banget kedinginan. begitu udah mau slesai saya langsung cabut dari istana. jalan kaki sambil dengerin lagu sambil kedinginan ke Bukchon yang deket2 situ aja, ada di samping belakang Gyeongbokgung Palace.

sampe' di Bukchon tujuan utama saya Etude House, infonya di sini lebih murce dari pada di outlet lain. muter2 ga nemu2, yang ada nemu starbucks, nah ini yang emang saya butuhin sekarang, ngaget sambil ngecas. order hot chocolate, cari tempat pewe deket colokan listrik, ngecas, ngabarin valsky, nganget. oooohh koreaa dingin kali kau kali ini.. muka sampe' pada merah semua, persis kaya' waktu ke hwacheon taun lalu, tapi itu -16°C sih.


skitar 30 menitan badan udah mulai anget, batere 2 hp sama 1 powerbank udah keisi masing2 50%, cukup lah sampe' malem balik ke guesthouse. keluar starbucks ciut lagi badannya kedinginan, hahahhaha... akhirnya ketemu sama petugas tourist information, dia kasi peta sama petunjuk ke Etude House, jauh aja lho ternyata jalannya, tapi seneng soalnya ngelewatin rumah2 penduduk kan di Bukchon ini, keren2 banget, tradisional korea banget. sayangnya saya ga foto di sini, slain kedinginan saya juga males minta tolong orang fotoin, hiks.. ini nih saya ambil di google kerennya Bukchon Hanok Village. aslinya persis sis sis kaya' gini.

taken from here
akhirnyaaaa nemu juga si Etude House ini. mba2nya baik2 banget, helpful sekaliiii.. selain itu akhirnya saya nganget lagi juga, hihihihi.. lumayan banyak tuh saya belanja, ga cuma buat saya sendiri tapi titipan juga yang udah sekertas HVS. untungnyaaa saya kan suka belanja, trus titipannya juga gampang nyarinya, outletnya ada di mana2, jadi saya seneng2 aja. selesai belanja di Etude Bukchon lanjut ke Myeongdong. mulai bingung nih arah ke subway lewat mana ya, hahahhaha.. keluar jalanan Etude pilihannya cuma ke kanan atau kiri. ke coba ke kanan deh, tanya sama polisi yang lagi jaga di pinggir2 jalan, unyu2 ganteng2 lho ya polisi di korea ini, kikikikikikik saya kan jadi demen bolak balik nanya. lagian di daerah ini deket sama Blue House, tempat tinggalnya presiden korea selatan Park Geun Hye, jadi banyak polisi. eh ternyata nemu Aritaum, ya udah deh skalian beliin titipan temen juga. abis dari situ saya balik arah lagi, feelingnya kaya'nya subway ke arah yang berlawanan deh. saya lupa juga gimana akhirnya nembus2nya traffic light sebelah Gyeongbokgung Palace, hahahahah ya udin balik ke Gwanghwamun Station aja lagi yuk, lewatin King Sejong lagi, dadah2 sampe' ketemu lagi ya Kiiiiing.. :D


saya turun di Euljiro 1 station. kalo' turun di situ nanti exitnya dari lotte mall. myeongdong ini emang surgaaaa duniaaaa.. cewek mana yang ga seneng ada di sini. saya keluar masuk toko kosmetik mulai dari Etude, Holika Holika, Its Skin, Nature Republic, Skin Food, dan lain2 dan lain2, heaven !! heaven !! heaven !! :D belum lagi barang2 fashion brand2 keren harga terjangkau. kalo' di luar negeri tuh diskonnya beneran sih ga kaya' di indo dinaekin dulu. Myeongdong cari apapun ada, mana murah kan kalo' di bandingin beli di indo, beberapa brand juga belum ada di indo. keluar masuk toko sambil nganget, sempet ke starbucks lagi beli korean tumbler edition buat nambahin koleksi. oiya seharian saya belum makan sama sekali lho, hahahahh emang ya kalo' udah belanja laper aja enggak. sambil nyemil street food di myeongdong anget2 lagi dingin banget suhunya. shop till drop !! :D


selesai belanja, beres nyemil, kaki mulai legrek !! hahahahah mulai kerasa sakit sama capek, apalagi tangan !! bawa belanjaan banyak banget lupa kalo' bawa sendiri ga ada yang bantuin, rasanya kaya' jalan bawa barbel. balik yuk ke guesthouse, udah malem juga, belom jalan di Seoul Station yang segede gambreng tuh buat transfer ke Hongik Station. sampe' di guesthouse buka pintu dibantuin sama hostnya bawain belanjaan ke dalem. nganget bentar di depan heater, ngobrol sama mereka sama beberapa tamu juga, ada yang nanya umur saya dan mereka ga percaya dong taun ini saya 30 taun, hahahhaha katanya "you liar, you looks so young, oh gosh.. i think you are 23 years old, oh i can't believe it", hahahhaha suweeerrr mereka lho yang bilang, hihihihihih... dan lebih ga percaya lagi begitu mereka tau saya udah nikah, hahahhaha kocak deh orang2 yang ada di housetay. abis ngobrol tus cuci muka cuci kaki, buka belanjaan ngelist mana punya saya mana titipan.

ini cuma belanjaan punya saya aja ga gabung sama titipan, gimana ditambah besok ??? :)))
oiya ternyata saya sendirian aja di kamar, ga ada tamu lain. saya sempet ditawarin apa mau pindah kamar di atas yang ada temennya tapi saya ga mau, udah di kamar bawah aja enak deket pantry deket kamar mandi sama pintu keluar juga. enak sih bebas juga mau bongkar barang banyak di kamar, heheheheh... abis beres2 belanjaan, siapin baju buat jalan besok, bbm-an sama valsky, matiin lampu, pegang hotpack, selimutan, mari tidur.. :)

pengeluaran hari ini tanpa belanjaan :
Incheon Airport - Hongik Station : KRW4150
Housetay 2 malem : KRW27000
Hongik - Gwanghwamun : KRW1150
fee tiket Gyeongbokgung Palace : KRW3000
hot chocolate grande starbucks : KRW4000
Gwanghwamun - Euljiro 1 : KRW1150
food street : KRW5000
tumbler starbucks korean edition : KRW15000
hotpack 2 pcs : KRW2000

xoxo, 

Wednesday, May 15, 2013

winter trip - south of korea #back home


pulang deeeehhh !! aaaaahhh ga mau ga mau ga mauuuu, huhuhuhuuhu... hiks... T_T

masih betah banget, masih belom puas, masih banyak yang belom di datengin. ah tapi kalo' ga gitu kan ga ada alasan kuat buat balik ke korea ya nantinya, hihihihi... eniwei selamat pagi sekali, bangun jam 6 pagi di korea tuh masih gelaaappp banget. karna mandinya udah jam 1 dini hari sebelum tidur, bangun tidur ga pake' mandi. cuma cuci muka sikat gigi aja. ga pake' make-up2an deh, cuma pake' bb cream + bedak + mascara aja. rapiin packingan, rapiin printilan, siap2 check out.

bdw ini penting ya wahai sodara2 sekalian, bairpun ceritanya pagi mau langsung ke airport, ga ada ceritanya deh ga pake' longjohn atau perlengkapan dingin yang lainnya. duuuhh jangan di tiru banget yang satu ini. jadi saya sama valsky mikirnya halah abis ini kan naek bus ke incheon, trus sampe' airport langsung masuk ruangan, check-in, imigrasi, boarding, ga bakal deh kedinginan. enggaaaaaaakkk !! tapi ga segampang itu ternyataaa... udah pede kita ga pake' longjohn, ga pake' topi, malah valsky ga pake' sarung tangan. pas keluar hotel maknyoooossss dinginnya ampuuuunnn, pagi itu -4 derajat di gangnam !! mampus ga tuh, bawa tas sama koper guede jalan ke halte bus yang ternyata berentinya tiap setengah jam dan kita sampe' di halte jam 07.05 yang artinya bus jam 7 udah lewat. nungguin 25 menit di pinggir jalan, mau masuk ke coffee shop kok ya ragu2 takut busnya lewat. saya sama valsky cuma bisa tatap2an sampe' akhirnya ngoceh kedinginan, hahahhaha bodohnyaaaa... serius itu dingin banget !! udah deh ga tau gimana bilang dinginnya yang pasti kalo' disuruh ngulang dingin model begitu ga mau2 banget.

jam 07.30 tet busnya dateng. masukin tas ke bagasi, cari tempat duduk agak kebelakang biar ga kena angin kalo' pas pintu bus dibuka. cari pengahangat di bawah kursi, sampe' masukin tangan ke ketek biar anget, hahahhaha... dan kami pun tertidur. bus dari gangnam ke incheon airport 10000 won per orang, perjalanannya sekitar 1 jam. sampe' di airport langsung check-in, masuk imigrasi, ngabisin won di starbucks dan boarding.

kucel bener abis liburan :)))
cuma ada satu foto hari ini buat formalitas di blog, ga ada foto pake' background incheon airport juga, udah rempong cari yang anget2 soalnya, mana bibir kering paraaaahhh... see u korea, thanx for amazing winternya, duingin banget yah kamu, agak parno nih jadinya sama winter, hahahahah... thanx hasben buat approvalnya jalan2 ke korea, secara awalnya belom ada restu sedikit pun tuh dari valsky buat ke negaranya siwon ini, hihihihi alhamdulillah banget deh pokoknya, seneeeeeeeng banget !! makasi suamikuuuu sayaaaaaaang... we will back asap deh pokoknya, with valsky junior yaaa... tapi ga pas winter, musin gugur seru juga tuh kaya'nya... ;)

xoxo,

winter trip - south of korea #5 day


hiks udah hari ke lima aja, besoknya pulang dong, huhuhuhuuh kuraaaaaang... hari ke lima ini agak rempong nih, tapi seruuuu dan duingiiiiinnn banget !! rencananya, ini rencananya ya, tapi apa daya rencana hanyalah rencana. hari ke lima ini kita mau pindah hotel di gangnam trus lanjut maen ke hwacheon. rencananyaaa mau bangun puagi soalnya hwacheon itu jauh dari seoul, bakalan lama di jalan, tapi apa daya jam 9 malah baru capcus dari guesthouse, mana malemnya baru tidur jam 3 pagi soalnya bikin rute ke hwacheon sama mba hilda. perjalanan ke gangnam juga agak jauh ternyata, mana bawa koper segede gambreng by subway. sampe' di gangnam station pake' taksi ke hotelnya, biar ga kelamaan juga, soalnya ternyata kita salah turun station, harusnya turun di nambu bus terminal station itu deket banget aja dari hotel. di gangnam saya sama valsky nginep di cello seocho hotel. strategis banget tempatnya, dan kaya'nya emang kawasan hotel, soalnya kanan kiri depan belakang hotel semua.


nyampe' hotel skitar jam 10an, kita masih belom bisa check-in, tapi dibolehin nitip koper. ini lucunya staffnya pada susah bener bahasa inggrisnya, kita mau numpang toilet aja sampe' kita gambarin baru paham, hahahaha... abis nitipin koper langsung deh ke nambu bus terminal station capcuuuss ke hwacheon. maapkan saya lupaaa urutan rutenya gimana, soalnya beberapa kali pindah line trus kita bikin rute sendiri biar perjalanannya lebih cepet maksudnya, huhuuhuh... jadi itu ya agak ribet buat menuju ke sana, mungkin karna baru pertama kalinya juga, trakhirnya turun di chuncheon station. makin deket daerah tujuan makin keren view dari jendela train. salju dimana mana dan suhu waktu itu -16C !! tangan, kaki, muka, mulut, hidung kaku semua rasanya, buat ngomong aja susah. turun dari train saya ke mini market beli mie kuah dimakan sambil jalan buat nganget laper juga sih. nunggu bus skitar 30 menitan, itu dingin banget deh beneran. oiya waktu kita nunggu bus sempet ujan salju, tapi semacam gerimis gitu, luar biasa buat saya yang ga belom pernah liat salju sebelumnya.. :) nah dari situ pake' bus ke chuncheon bus terminal insya Allah kalo' ga salah, heheheh... dari terminal itu jalan kaki aja deh menuju venue.

  

baguuuuuss banget !! saya ga tau ya bener apa enggak, tapi hwacheon itu eumm semacam desa apa ya, soalnya ga ada bangunan tinggi. menuju venue aja kita lewat jalan2 kecil ngelewatin rumah penduduknya, kaya' nonton serial drama korea live gitu. trus karna mereka ngerayain banget winter festival itu, dimana mana ada hiasan bentuk ikan, bendera ikan, lampion ikan, lagi2 awesome !! dan lagi2 udah tersepona duluan sama apa yang diliat, belom lagi sibuk ngangetin badan sampe' ga foto2 yang udah kita lewatin. oiya mengingat perjalanan yang puanjang pas brangkat kita sampe' belom sempet makan, jadinya kita beli food street sambil lewat. nyobain kue ikan isinya kacang merah 1000 won dapet 3 pcs, trus daging sapi ga tau diapain KRW 2000 ah enak lah pokoknya, nyemil2 sambil jalan terus ke venue.




welcome to hwacheon winter festival !! semuanya putiiiiiiihhh... luuuaaaaasss banget !! jadi itu entah sungai atau kali yang membeku trus atasnya dijadiin tempat maen. ada banyak permainan tapiii keulang deh tragedi disneyland hongkong, udah kesorean jadinya ga bisa maen apa2 dooong, huwaaaa pengen nangis deh. udah gitu venuenya guedeeee... tujuan utama kita mancing !! iyes mancing diatas salju, eh lebih tepatnya mancing di atas sungai yang membeku, bdw ga lucu ya kalo' lagi jalan tiba2 njoblos, hihihihih... tapi kalo' melihat suhu yang -16 derajat dan bolongan mancing yang dikit2 jadi es ga mungkin juga sih itu es njeblos... :)) senengnya ya kok pas kita ke korea pas lagi tanggalnya winter festival, mereka ngadainnya tiap taun ga lama, paling cuma 3 mingguan aja. komplitnya ada apa aja disana monggo cek di sini.



  

saya sama valsky mancing, mba hilda sama mba agiel ga tau kemana, hahahahha... mancingnya foreign sama penduduk lokalnya dibedain. pertama kita beli tiketnya dulu, harganya 10000 won per orang udah dapet sekalian alat pancing sama plastik buat tangkapan ikannya, oiya dapet voucher juga 5000 won buat belanja di sekitaran venue. per orang cuma dibolehin mancing 3 ikan aja. oiya mungkin juga karna udah sore banget yang mancing makin dikit, soalnya makin sore makin malem makin dingin juga suhu di sana. awalnya kita ga tau gimana cara mancingnya, instruksi dari petugas jual tiket sih pancingnya cuma dimasukin aja ke lobangnya trus tunggu ikannya deh, katanya pasti dapet karna ada buanyak ikan di dalem sungai itu. karna ga dapet2 akhirnya ada ahjussi yang ngajarin kita gimana caranya, pancingnya di naek turunin gitu. gampang aja ternyata, terbukti saya dapet 2 ikan, valsky ?? ga dapet sama sekaliiii... hahahhaha payah ah suamiku iniiii...

 



hasil pancingan kita bisa langsung dimasak di tempat. bisa dimasak sendiri pake' alat bakar gitu atau mau dimasakin. karna udah kedinginan ga mau rempong kita minta masakin aja. dari 2 ikan yang kita dapet, kita dapet 2x lipatnya yang mateng, hooorraaaiiii kita punya 4 ikan yang rasanya enaaaakkk banget !! ga tau itu di masak apa, tapi ikannya empuk banget trus rasanya enaaaakkk banget, nama ikannya sancheoneo masih sekeluarga sama salmon. kita makan di tempat sambil nganget. huhuuhuh cepet banget udah gelap aja, hiks...
  

abis makan buru2 belanjain voucher, sayang banget udah banyak yang tutup, mana vouchernya valsky ilang pula. ga bisa pilih2 kahirnya beli teh aja harga pas 5000 won. malem, mulai sepi, licin, duingin, janjian sama mba hilda mba agiel di pintu masuk. balik deh kita jalan ke bus terminal, ngelewatin rumah penduduk lagi, bagus... :) ada yang saljunya numpuk depan rumah, ada yang pagernya kayu2, ada yang pasang lampu2 kecil warna warni depan rumahnya, ooohhh korea betapa indahnya negaramu, sungguh.


karna bus yang kita naekin adanya tiap 30 menit, kita nunggu dulu di bus terminal yang kecil tapi bagus dan bersih. dan melihat valsky satu2nya laki di antara 3 wanita, jadi doi deh yang mejeng paling depan nyerobot cari tempat duduk, heheheh... oiya pas brangkat sama pulang banyak cowok2 pake' baju tentyara, pada wamil apa ya. perjalanan ke station agak jauh, lumayan bisa dipake' tiduran, sebelum ketiduran saya pasang headset sambil dengerin lagu2nya boa sama suju ngeliatin pemandangan lampu2 salju malam hari, alhamdulillah kita di korea ini... :) sampe' di chuncheon station langsung masuk train dan tidur, heheheh capek banget pemirsa, perjalanan juga jauh skitar 4 jam-an gitu lho sekali jalan. saya sama valsky turun di nambu bus terminal, mba hilda sama mba agiel turun di hongik station.


sampe' di gangnam cari atm, uang menipiiiisss... lagi2 tiap nanya ke penduduk lokal mereka pasti ngasi tau sampe' kita paham banget. jadi atm yang saya sama valsky coba tuh ga bisa, tiba2 aja ada bapak2 nunjukin coba atm lain, sampe' dianterin lho dia, baik yah.. :) abis ambil atm udha ga pake' mikir cari makan paling gampang, ternyata deket hotel ada KFC, beli nasinya di 7/11 dna selamat makan malam yang kemalaman banget. kenyang balik ke hotel, alhamdulillah kamarnya enak dan bagus persis kaya' di website.



nyampe' kamar ga mungkin langsung tidur, yang ada packing karna besok pagi kita pulang flight jam 10.50, diperkirakan ke incheon airport jam 7 an, brarti paling ga bangun jam 6 ya, hiks di extend lagi ga boleh ya, kan belom jalan2 di gangnam... :( abis packing, mandi rendeman air anget, bobok baru jam 2. hari ini cuapeeeekkk banget, duingiiiiinnn banget, tapi senang !! :)

xoxo,

Sunday, May 12, 2013

winter trip - south of korea #4 day


hari ini jadwalnya bebas !! yeeeeeeyyyyy... udah ga ada jadwal lagi sama CK. sebelum brangkat udah browsing tempat2 yang pengen di datengin pas free day, malah sampe' extend sehari kan pulangnya, malah kalo' boleh sih extend seminggu lagi deh *dikeplak bu boss, hihihihi...*

hari ini random sih jadwalnya, di liat jamnya aja enakan kemana dulu. ternyata temen2 yang laen pada mau foto pake' hanbok di tourism information di myeongdong, hah balik lagi ke sana ?? hahahahah tiap hari aja maennya disana. temen2 yang laen udah brangkat duluan dari pagi, ternyata dianterin sama CK nunjukin tempatnya dimana. saya, valsky, mas sila, zaki sama arin blakangan. kita brangkat emang agak kesiangan sih, tapi no problemo soalnya ternyata kita dapet giliran fotonya jam 1-an gitu. kita jalan ke subway hongik trus turun di city hall. sampe' di city hall bbm-an sama yang udah nyampe' duluan, katanya di M-plaza. kita muter2 aja tuh nyariin M-plaza dimananya, nanya sana sini. eh ya kok saya ini kan ceritanya nyasar, gitu ya kok ada beberapa kali ada orang korea yang juga nyari alamat nanya ke saya, diiiieeerrr meneketehe masbro mbasis... ente ngemeng epe eje eke ga ngerti, kita nyari bareng aja apa ?? hahahah... sama ceritanya kaya' waktu saya ke nagoya, banyak yang ngirain saya penduduk setempat, GR ?? ih boleh sih yaa.. :P

karna yang laen juga nunggunya masih lama, kita makan aja dulu di mc.d sambil janjian sama yang laen. seoul oh seoul, ga pagi siang sore malem dinginnya ampun deh, mana siang itu ujan lagi. eh ya pas di mc.d kok dapet duduknya deket sama pintu, yang ada orang kluar masuk kita tetep aja kedinginan orang buka tutup pintu. eh kerennya nih, di mana2 di depan pintu masuk pasti ada mesin buat plastikin payung, jadi payung yang kita bawa masuk ga netes2 airnya, mungkin di negara lain juga ada ya, tapi saya baru liat yang beginian di korea, heheheh...


abis makan kita ke M-plaza, jadi di myeongdong itu kanan kiri depan blakang atas bawah toko, ngiler aja deh pokoknya pengen di beli semua. sebelum nyampe' di M-plaza kita mampir2 bentar ke toko kosmetik sambil nganget. nyeselnya nih ya, kenapa saya cuma beli dikit aja siiihhh yang namanya kosmetik !! cuma beli blush-on the face shop, bb cream etude sama mascaranya nature republic ajaaaa... padahal kalo' dibanding beli di indo selisihnya lumayan aja tuh, mikir aja entar begitu pada habis beli lagi apa iya balik ke korea ?? mau aja sih sayanya, hihihihi...

jadiii kalo' yang pada mau foto pake' hanbok di korea ada di tourism information di M-plaza lantai 5 di myeongdong. kalo' datengnya rame2 harusnya daftar dulu jadi biar bisa diatur sama mereka jadwal fotonya. tempatnya ga terlalu gede, tapi informasi apapun kompliiiiittt banget disana, ya nama pun tourism information yaaa... :))) eh ada yang jago bahasa indonesia juga lho mba2nya, bahasa inggris  juga lancar, ih keren lah pokoknya. balik lagi ke foto hanbok, pilihan bajunya buanyaaaaakkk trus bagus2, ya kaya' di pilem2 korea gitu. tapi saya  sama valsky ga bisa milih, soalnya hanbok yang couple cuma ada 1 aja modelnya, ngikngooookkk... ini lah foto kami yang rencananya mau dicetak 30R dipajang bareng foto kawin di flat, hahahahah...



seru yaaaa... :D pokoknya yang pada mau jalan2 ke korea jangan sampe' ga foto pake' hanbok, ga afdol deh ciyus !! bukan ke korea namanya kalo' ga foto kaya' kita gini, ihiy !! :)) infonya foto pake' hanbok juga ada di hanok village, tapi bayar kalo' disana. hemat beb, kita cari yang gretongan dong ya.. :P abis puas foto kita bener2 acara bebas nih, semua pada misah. saya sama valsky tujuan berikutnya ke cat cafe !! aaaaaaakkkk ini sebelum brangkat ke korea saya udah bolak2 ngeyoutube tentang cat cafe ini, beneran ya rasanya tuh luar biasa lho ketika kita ngegoogling atau ngeyoutube-ing sesuatu trus suatu hari kita nginjekin kaki di tempat itu.., :) dan ternyata cat acfe itu juga ga jauh dari M-plaza, cuma di baliknya aja. di bawah udah ada shopsignnya cat cafe, letaknya ada di lantai 3. welcome !! yaowoooohhh baru juga buka pintu kita udah disambut sama salah satu kucing di situ !! i love this place soooooo much !! secara dari bayi saya ini cinta banget sama hewan yang namanya kucing, jadi saya seneng luar biasa bisa ada di cat cafe... :D


tempatnya ga terlalu besar, bersih, rapi, mba2 mas2 pegawainya baik2 ramah2. di sana kita cukup bayar 8000 won per orang udah dapet minum boleh pilih apa aja yang mereka sediain di sana, saya sama valsky pasti dong pesennya greentea. kucingnya ada banyaaaaaaaaakkk !! dan berbagai macam jenis, mulai dari bengal, persia, sphinx, dan jenis lainnya yang saya sendiri ga tau, hahahhaha... ada yang lagi tidur, bengong, makan, jalan2, maen, lari2an, yang ngerecokin di dapur juga ada, awesome !! lucu2 banget. mana petugas2 disana tuh care banget sama kucing2 di situ, mereka sering cek apa si kucing baik2 aja, kotor dikit langsung mereka bersihin, atau mereka cuma sekedar ngelus si kucing, kalo' kata valsky mereka yang kerja disana bukan hanya sekedar kerja, tapi juga harus suka sama kucing2 itu... :)






mereka juga nyediain makanan kucing yang dijual harga 2000 won per porsi, saya coba beli trus saya suapin ke kucing2 itu, mereka langsung ngeruminin saya gitu, aaaahhh seneeeeeng... etapiiii di sana juga ada beberapa peraturan buat pengunjung, kaya' ga boleh gendong si kucing, ga boleh pegang buntutnya, ga boleh nagsi makanan selain makanan kucing, jaket coat mantel dan sejenisnya harus dilepas biar si kucing ga nyangkut, endebre endebre endebre... tapiii biapun gitu saya sebagai pengunjung ga ngerasa dibatesin tuh, semua tetep menyenangkan, apalagi banyak kucing yang lincah di sana.
















bdw valsky sempet teriak waktu ada salah satu kucing yang emang paling nakal dan aktif lompat ke valsky, hahahahhah... emang ya cat cafe ini bikin ornag lupa waktu, kalo' terlena bisa2 saya sama valsky ga keburu mau ke tempat yang laen, heheheh... dan dengan berat hati kita harus udahan maen sama kucingnya, soalnya harus ke tempat yang lainnya lagiii, see u cute cats !! ;)






next kita ke hanok village, ga terlalu jauh juga masih di deket2 myeongdong. entah kenapa ya pemirsah, kok waktu itu rasanya cepeeeettt bener kalo' di korea ini, udah sore aja sik. udah mulai mau malem tuh, kita ngebut aja ke hanoknya. sampe' di sana kita baru dateng yang ada banyak rombongan yang udah pada naek bus, kesorean apa kitanya ?? hahahahha dan sepertinya begitu, soalnya pas masuk udah sepi, cuma tinggal beberapa orang aja, itu juga kita ga sempet keliling lebih dalem lagi soalnya udah mau malem, huhuhuhu... mana duingin bangeeeettt... jadi hanok village itu isinya kaya' rumah2 tradisionalnya korea, komplit deh mulai dari ruang keluarga, kamar tidur, dapur, ruang makan sampe' halaman2nya. sedihnyaaa ga bisa masuk lebih dalem lagi, padahal bagusnya ya di dalem2nya situ, aaaaaahhh bete !!! sekarang nih kalo' browsing hanok village udah mewek aja kenapa cuma di depan2nya ajaaa, kenapa ga masuk2 lagiiiii, hhhhsssssss... bdw kerennya korea ini, tempat2 tradisionalnya mereka kaya' hanok village atau istana gyeongbokgung palace tuh ada di tengah kota, kita ga akan kehilangan unsur tradisionalnya pas ada di dalemnya, biarpun pas keluar udah ada gedung2 tinggi... :)




mulai malem tujuan terakhir kita jimjilbang di dragon hill spa !! kita pake' train ke yongsan stasion, ga lama juga dari myeongdong. sampe' disana biar ga lama kita langsung nanya orang dimana dragon hillnya, eh ya kok pas nanyanya ke cowok ganteng, hahahahha doi pegawainya zara lho bok !! cute ya, kalo' di indo udah jadi coverboy kali ini.. :)) senengnya biarpun mereka ga lancar bahasa inggris tapi mereka selalu brusaha nunjukin dimana tempat yang kita cari, bahkan mereka sampe' nganterin lho, termasuk si mas ganteng ini. ternyata deket aja dragon hill sama pintu keluarnya subway. dari luar aja udah keren lho, gimana dalemnya yaaa...


sampe' di dalem langsung di sambut sama ahjussi gitu, dia nunjukin fasilitas apa aja yang ada di dragon hill spa. pertama kita naruh sepatu di loker depan, registrasi dulu  di front desk, dapet baju sama electronic locker key, bayar blakangan. trus sama si ahjussi ini dianter ke tempat ganti, saya ditunjukin lift ke tempat ganti cewek ada di lantai 5, trus si ahjussi nemenin valsky ke tempat ganti cowok di lantai 6. maap sebelumnya bukan maksud hati vulgar sih, tapi kalo' nyatanya vulgar ya maap aja niiihhh... tapi sekedar cerita biar kalo' ada yang ke dragon hill ga kaget2 banget, eh apa saya aja yang norak ?? hahahahah... jadi gini, saya kan sendirian tuh ke lantai 5, disana tempat gantinya cewek. pas lift kebuka di lantai 5, andaikan waktu itu muka saya di rekam pasti udah kaya' di film2 deh. saya bengong soalnya mata saya disambut dengan pemandangan cewek2 mulai dari anak kecil sampe' ibu2 yang lewat di depan saya tanpa pake' benang sehelai pun !! jadi bacanya apa ??? ya pada bugiiiiiiiilll... bengong sebengong2nya, sampe' pintu lift mau ketutup lagi langsung saya pencet !!

saya pelan2 keluar dari lift toleh kana kiri cari petunjuk loker saya ada dimana ini. sambil ngerasa malu2 sendiri, ih padahal siapa yang telanjang kenapa saya yang malu ?? tapi beneran deh saya ini taunya cuma "punyanya cewek" keluarga saya aja, ngeliat kanan kiri telanjang gini apa ga langsung shock coba. ada yang lagi hairdryeran, ada yang lagi pake' lotion, ada yang lewat aja, ada yang ganti baju. begitu saya nemu loker saya langsung bbm valsky tentang ke kagetan saya iniii niiihh... duh emang norak banget ya, saya mau ganti baju juga jadi bingung sendiri, malu siiiihhh...

buru2 ga pake' lama langsung turun janjian sama valsky di deket lift. pas ketemu valsky kita langsung heboh sendiri, ternyata valsky juga kaget soalnya di tempat ganti cowok juga sama ajaaaa pada bugil semuaaaa !! hahahahahah... :))) sambil heboh sendiri kita cari hallnya, disana ada yang lagi makan, ada yang tiduran, ada yang ngobrol, ada yang nonton tv, ada yang pelukan, lagi2 takjub snediri liat sesuatu yang nemunya di google tapi kita bisa kesana... :) persis kaya' yang di film2 korea, dan dragon hill ini komplit !! ada ruangan the rock ice house, ada sauna panasnya, ada yang isinya rempah2, ada mini bioskopnya, ada PC komplit buat internetan, ada kolam renang. makanya di film2 korea suka ada yang ceritanya mereka nginep disana, ya orang semuanya komplit, dan bukanya 24 jam.



aaaaakk maafkan hasil foto yang buruk, udah keburu kesenengan keenakan di dragon hill ini, komplitnya bisa liat di sini ya. pengunjungnya mulai anak2 sampe' orang tua. anak mudanya juga banyak. ga tau udah kawin apa pacaran, mereka cuek aja deh mau peluk2an, belai2an, cium2an juga disana, malah ada yang sauna kelonan tuh, hihihihi... saya sama valsky nyobain semua fasilitas disana, termasuk kolam renang. airnya anget, tapi karna itu outdoor jadinya duingiiiinnn banget !! valsky baru juga kluar pintu eh udah ngibrit aja masuk lagi, katanya udara di luar duingin banget, tapi emang iya sih dingin, tapi kan airnya panas. saya coab2 nih lari ke kolam nyemplungin kaki, ga lama pas kluarin kaki dari kolam amit2 dingiinnyaaaaa !!! valsky puas dong ngetawain sayaaaa, okeeeee fine !! :)))

kita juga sempet makan disana, jadi apa2 yang berbayar disana kita cuma nunjukin gelang yang kita pake' trus otomatis masuk ke bill kita nanti pas keluar. bingung mau makan apa, jadinya pesen kebab ynag udah jadi tinggal dipanansin aja di microwave. sekitar jam 10an kita udahan, soalnya subway cuma sampe' jam 11 aja terakhir, mana besoknya juga harus bangun pagi. begitu selesai kita balik ke runag ganti masing2, saya sih ga pake' mandi, ga mau deh lama2 di ruang ganti, hahahah... oiya biayanya dragon hill ini 10000 won 5am-8pm, 12000 won 8pm-5am. selesai semua pas di pintu keluar kita bayar billnya, balik ke subway dan kembali ke guest house.

sampe' di guest house ga langsung tidur tapi packing !! soalnya besoknya kita harus pindah ke hotel di gangnam. aaaahhh senangnya hari iniiii, seneng bisa datengin tempat2 yang kita pernah liat di google, hehehehhe... gudnite amazing seoul...

xoxo